MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
KERANGKA ACUAN KERJA
PERANGKAT LUNAK KEMANAN KELUARGA MENGGUNAKAN SISTEM INTEGRASI INFORMASI DAN LOKASI
Oleh:
Kelas A
Abdurrachman Rafif Sayudha 5113100176
Dosen
Fajar Baskoro, S.Kom., M.T.
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPERMBER
SURABAYA
2016
|
PERIHAL
|
PENJELASAN
|
1
|
Latar Belakang
|
Maraknya pemberitaan kasus tindakan
kriminal yang dilakukan terhadap anggota keluarga, terutama anak-anak,
menyebabkan peningkatan angka kriminalitas yang terjadi selama setahun
kemarin. Tidak terkecuali kasus penculikan anak, pembunuhan, tindakan
asusila, dan masih banyak lagi. Seakan orang tua kesulitan untuk melakukan
pemantauan terhadap anak mereka.
Saat ini pun, penggunaan gadget pada semua
umur telah meningkat pesat. Dibuktikan dengan banyaknya anak-anak yang sedang
duduk di bangku sekolah, menggunakan gadget untuk digunakan sehari-hari.
Dengan melihat kondisi tersebut, sebuah aplikasi dalam sebuah gadget yang
mana sebagai perantara antara orang tua dan anak, dapat membantu orang tua
dalam melakukan pemantauan terhadap aktifitas anak sehari-hari dan memberikan
rasa aman terhadap keluarga
|
2
|
Maksud dan Tujuan
|
·
Memberikan rasa aman terhadap anggota dalam
suatu keluarga
·
Mencegah dan mengurangi angka kriminalitas
yang dilakukan terhadap anak-anak
·
Penggunaan gadget yang mengarah ke positif
|
3
|
Sasaran
|
Tersedianya sistem informasi yang dapat
menghubungkan orang tua dan anak untuk memberikan rasa aman dalam aktifitas
sehari-hari
|
4
|
Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
|
Kementrian Komunikasi dan Informatika
(KOMINFO)
|
5
|
Sumber Pendanaan
|
APBN (Anggaran Pendapatan
dan Belanja Negara) tahun 2016, dengan biaya sebesar Rp. 125.000.000,-
(seratus dua puluh lima juta rupiah)
|
6
|
Lingkup, Lokasi, Fasilitas dan Alih
pengetahuan
|
a.
Lingkup kegiatan
i.
Pengembangan fitur-fitur utama dari aplikasi:
1.
Menambahkan data lokasi peta
2.
Menghitung koordinat lokasi
3.
Memberikan informasi lokasi
4.
Menanamkan sistem keamanan dalam aplikasi
ii.
Pengembangan basisdata pendukung aplikasi:
1.
Pengmebangan struktur Database untuk lokasi
2.
Pengembangan struktur database untuk media dan
komunikasi
iii.
Menyusun dokumentasi lengkap
1.
User requirement
2.
User Interface
3.
Testing
(Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
4.
Database
Dictionary
5.
Form
input, output
6.
User
manual
iv.
Validasi data
v.
Pengadaan server dll
b.
Lokasi kegiatan
Jl. Medan Merdeka Bar. No.9, Gambir, Kota Jakarta Pusat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia
c.
Data dan Fasilitas penunjang
i.
Oleh pengguna jasa:
a)
Data anggota keluarga secara lengkap
ii.
Oleh penyedia jasa:
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua
fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan
pekerjaan
a)
Akomodasi
b)
Ruangan server
c)
Koneksi internet
d)
Minimal dua orang harus
bekerja di KOMINFO hingga
proyek selesai/sempurna.
d.
Alih pengetahuan
Penyedia jasa harus melakukan survey terhadap calon
pengguna yang merupakan orang tua dan anak-anak agar dapat mengetahui
kebutuhan dan terciptanya sistem yang efektif sesuai kebutuhan
|
7
|
Metodologi
|
Metodologi penelitian yang digunakan
dalam pembuatan aplikasi keamanan bagi keluarga adalah dengan memperhatikan
kebutuhan dan keseuaian keluarga dalam memantau anggota keluarga lainnya
dengan berbasis keada Best Practice
|
8
|
Jangka Waktu Pelaksanaan
|
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini
adalah selama ± 65 (enam puluh lima) hari kerja dan harus dilaksanakan proses
user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja
dari tanggal serah terima pekerjaan.
|
9
|
Kualifikasi
|
Diisi kualifikasi penyedia jasa:
a. Bersedia menandatangani Perjanjian
Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan KOMINFO
b. Memiliki latar belakang dan pengalaman
dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
c. Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan
Pembangunan Aplikasi untuk tiga organisasi berbeda.
d. Memiliki pemikiran inovatif dan
konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
e. Memiliki kemampuan untuk menangani
masalah dengan cepat dan tepat.
f.
Memiliki
metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
g. Sanggup untuk memberikan garansi atas
berfungsinya barang/jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah
terima.
h. Memiliki komitmen dan disiplin terhadap
tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
|
10
|
Tenaga Ahli
|
Tenaga ahli
yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
a.
Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1)
lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau
setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project
management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir
seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa
projek sampai dengan
pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.
b.
Sistem Analis
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu
Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri
yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan
pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan
data base sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
c.
Programmer/Developer
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata
satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang
terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu)
tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 3 (tiga) orang.
d.
Database Administrator
Database Administrator yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata
satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang
terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 1 (satu)
tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
|
11
|
Keluaran
|
Keluaran yang
dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
1.
Perangkat lunak sistem informasi pengadaan barang berbasis web yang dapat
dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani proses pengadaan barang yanga
ada sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan
menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas.
2.
Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan
tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan
arsitektur program;
3.
Program dengan source code;
4.
Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual;
5.
Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP (system
maintenance procedure);
6.
Instalasi aplikasi;
7.
Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan.
|
12
|
Pelaporan
|
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
a. Laporan Pendahuluan
i. Rencana kerja
penyedia jasa secara menyeluruh
ii. Mobilisasi tenaga
ahli dan tenaga pendukung lainnya
iii. Jadwall kegiatan
penyedia jasa
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak
SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan.
b. Laporan Mingguan
i. Aktivitas yang
dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi
ii. Hasil yang telah
dicapai maupun (apabila ada) kendalakendala yang dialami serta rencana
penanganan kendala tersebut
iii. Prosentase hasil
pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya hari selasa setiap minggu
sebanyak 1 (satu) buah laporan.
c. Laporan Akhir
i. Laporan pendahuluan
ii. Laporan Mingguan
iii. Dokumentasi lain
yang berkaitan dengan kegiatan proyek pengembangan sistem ini sebagaimana
dimaksud pada poin 6 dan 11
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari
kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buku laporan dan CD
berisi seluruh laporan sebanyak 3 (tiga) buah.
|
Deskripsi yang punya proyek
ReplyDeleteKegunaan atau fitur , pemberi proyek belum ada
Diusahakan mencari referensi dari proyek di dunia nyata, supaya asumsinya tidak terlalu banyak